SURVEILANS SENTINEL LEPTOSPIROSIS (SSL) DI KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Authors

  • Nuralim Ahzan BTKLPP Kelas I Makassar
  • Yustina Maria Oda BTKLPP Kelas I Makassar
  • Zuhriah Alifsah Alifsah BTKLPP Kelas I Makassar

Abstract

ABSTRAK

 

Di Indonesia, leptospirosis tersebar antara lain di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bali, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Angka kematian leptospirosis di Indonesia termasuk tinggi, mencapai 2,5-16,45 persen. Pada usia lebih dari 50 tahun kematian mencapai 56 persen. Tujuan Penelitian Untuk  Mengetahui distribusi karakteristik sampel kasus leptospirosis di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Mengetahui faktor risiko kasus Leptospirosis di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Mengetahui gejala klinis kasus leptospirosis di di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Mengetahui konfirmasi hasil uji laboratorium dengan menggunakan metode (RDT, Real Time PCR dan MAT) di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode Penelitian adalah  survei deskriptif  untuk memperoleh gambaran epidemiologi dan faktor risiko leptospirosis pada manusia. Populasi adalah seluruh pasien yang datang berobat ke fasyankes yang menjadi lokasi sentinel. Sampel adalah pasien yang datang berobat ke fasyankes sentinel yang memenuhi kriteria defenisi operasional leptospirosis. Hasil penelitian dari 9(sembilan) kasus suspek leptospirosis terdapat 1(satu) sampel positif RDT leptospira dan setelah dilakukan uji lanjutan dengan PCR sampel tersebut  terkonfirmasi Positive PCR dan 8(delapan) sampel lainnya yang negative RDT leptospira setelah dilakukan  uji lanjutan dengan PCR  terdapat 3 sampel positif PCR dan tidak ada sampel yang postif MAT(Macroscopis Aglutinasi Test). Rekomendasi berupa pengobatan terhadap kasus leptospirosis, melakukan penyelidikan epidemiologi dan edukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS).

Kata Kunci : Kendari, leptospirosis, surveilans, sentinel.

References

Antoni dkk, 2021. Leptospiral Infection, Pathogenesis and Its Diagnosis—A Review, Pathogens 2021, 10, 145. https://doi.org/10.3390/pathogens10020145

Ana Erviana, 2014; Study Epidemiologi Kejadian Leptospirosis pada saat Banjir di Kecamatan Cengkareng Periode Januari Februari 2014

Dewi SK. Laporan penyelidikan Kejadian Luar Biasa (KLB) leptospirosis di Kabupaten Bantul tahun 2010. Yogyakarta: Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada; 2010.

Dwi Sarwani, Sri Nurlela, Devi Oktaviani, Pemetaan dan Analisis Faktor Risiko Leptospirosis, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 8, No. 4, November 2013.

https://www.researchgate.net/publication/348955015 Infeksi Leptospira, Patogenesis dan Lts. Diagnosis—Ulasan, akses tahun 2021.

Kemenkes RI, Petunjuk Tekhns Pengendalian Leptospirosis, Ditjen P2P, 2017

Mari Okatini, Rachmadhi Purwana, I Made Djaja Hubungan Faktor Lingkungan dan Karakteristik Individu Terhadap Kejadian Penyakit Leptospirosis di Jakarta,2003-2005.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1501/MENKES/PER/X/2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangan. Jakarta: (tidak diterbitkan).

Novi HR, Leptospirosis, Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Unsrat, Jurnal Biomedik (JBM), Volume 8, Nomor 3, November 2016.

Notoatmojo, Sukijo, 2005, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta

Soedarma SP, Garna H, Hadinegoro SR,Satara IH. Leptospirosis. In: SoedarmaSP, Garna H, Hadinegoro SR, SataraIH, editors. Buku Ajar Infeksi danPediatri Tropis (2nd ed). Jakarta: Badanpenerbit IDAI, 2008; p. 364-9.

Terpstra WJ, Adler B, Ananyina B, AndreFontaine G, Ansdell V, Ashford DA,et al. Human leptospirosis: guidancefor diagnosis, surveillance and control.Geneva; World Health Organization/International Le Leptospirosis Society,2003; p. 1-9; 21-3

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Ahzan, N., Oda, Y. M., & Alifsah, Z. A. (2024). SURVEILANS SENTINEL LEPTOSPIROSIS (SSL) DI KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA . Health Andragogi, 3(2). Retrieved from https://jurnal.bbpkmakassar.or.id/index.php/AndragogiKesehatan/article/view/4