PD3I Efektivitas Komunikasi Pembelajaran pada Pelatihan Surveilans PD3I

Indonesia

Authors

  • Arniati J. Kalatasik, S.Si Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar
  • Erwinsyah Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar
  • Irwan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi membawa perubahan dan pergeseran paradigma dalam berbagai bidang, termasuk Pendidikan dan pelatihan. Paradigma pembelajaran berbasis teknologi saat ini mendorong tranformasi dalam cara pendidikan dan pelatihan dilakukan, dimana teknologi digital menjadi elemen penting proses belajar-mengajar, memungkinkan akses informasi yang lebih luas, interaktif, dan personal. Model pembelajaran Blended Learning  adalah salah satu konsekuensi yang timbul dengan meluasnya perkembangan teknologi di bidang ini. Model pembelajaran Blended Learning menggabungkan elemen online dan tatap muka, dengan memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menganalisis  dampak perkembangan teknologi komunikasi pembelajaran terhadap pemahaman peserta pelatihan Surveilans PD3I yang menggunakan model Blended Learning dan Tatap Muka. Komunikasi pembelajaran sangat penting untuk memfasilitasi hasil belajar dalam pengaturan pendidikan pelatihan tradisional maupun modern, sehingga penting untuk melihat dan memaknai bagaimana efektivitas komunikasi pembelajaran yang terjadi pada 2 model tersebut, khususnya terhadap tingkat pemahaman peserta latih. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan Desain Quasi Experimental Non-Equivalent Control Group Design. Ini melibatkan pembentukan dua kelompok sampel: kelas eksperimen yang menerima perlakuan (model Blended Learning) dan kelas kontrol yang tidak menerima perlakuan (Tatap Muka). Hasil studi menunjukkan bahwa komunikasi pembelajaran secara signifikan memengaruhi tingkat pemahaman peserta pelatihan pada kedua model tersebut, namun tidak ada perbedaan signifikan dalam dampak antara kedua kelas. Temuan ini relevan untuk pengembangan program pelatihan di masa depan dan perumusan kebijakan pendidikan yang mempertimbangkan peran teknologi dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pendidikan.

References

Asbar, A. E. N., & Bahfiarti, T. (2023). Effectiveness Analysis of Inquiry Learning Communications in Improving Students’ Knowledge at SMPN 2 Makassar. Proceedings of the International Conference on Communication, Policy and Social Science (InCCluSi 2022), 682, 337–344. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-07-7_38

Berga, K. A., Vadnais, E., Nelson, J., Johnston, S., Buro, K., Hu, R., & Olaiya, B. (2021). Blended learning versus face-to-face learning in an undergraduate nursing health assessment course: A quasi-experimental study. Nurse Education Today, 96. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104622

Che Ahmad, C. N., Shaharim, S. A., & Abdullah, M. F. N. L. (2017). Teacher-student interactions, learning commitment, learning environment and their relationship with student learning comfort. Journal of Turkish Science Education, 14(1), 57–72. https://doi.org/10.12973/tused.10190a

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1). https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5

Endedijk, H. M., Breeman, L. D., van Lissa, C. J., Hendrickx, M. M. H. G., den Boer, L., & Mainhard, T. (2022). The Teacher’s Invisible Hand: A Meta-Analysis of the Relevance of Teacher–Student Relationship Quality for Peer Relationships and the Contribution of Student Behavior. Review of Educational Research, 92(3), 370–412. https://doi.org/10.3102/00346543211051428

Gherheș, V., Stoian, C. E., Fărcașiu, M. A., & Stanici, M. (2021). E-learning vs. Face-to-face learning: Analyzing students’ preferences and behaviors. Sustainability (Switzerland), 13(8). https://doi.org/10.3390/su13084381

Ginting, D. (2021). Student Engagement and Factors Affecting Active Learning in English Language Teaching. VELES Voices of English Language Education Society, 5(2), 215–228. https://doi.org/10.29408/veles.v5i2.3968

Hidayah, Nurul. (2020). Efektivitas Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pencerahan Vol. 14 No. 1, Juli 2020.

J. Kalatasik, A., Bahfiarti, T., & Mau, M. (2024). Analysis of the Impact of Learning Communication Effectiveness on Training Participants in Primary Health Care Center Management Training. International Journal of Chemical and Biochemical Sciences, 25(19). https://doi.org/10.62877/74-ijcbs-24-25-19-74

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534

Shalian, J. (2021). JMEP_Volume 3_Issue 1_Pages 167-195. Journal of MAnagement and Educational Perspective, 3(1), 167–195. doi: https://dx.doi.org/10.22034/jmep.2021.282353.1056

Suprapto, H. A. (2017). PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. In Jurnal Ilmiah Kependidikan: Vol. XI (Issue 1).

Sutirman. (2006). Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi, VI. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/efisiensi.v6i2.3857

Titsworth, S., Mazer, J. P., Goodboy, A. K., Bolkan, S., & Myers, S. A. (2015). Two Meta-analyses Exploring the Relationship between Teacher Clarity and Student Learning. Communication Education, 64(4), 385–418. https://doi.org/10.1080/03634523.2015.1041998

Usman. (2018). KOMUNIKASI PENDIDIKAN BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR. Jurnalisa, 04(1), 136–150. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626

Vallee, A., Blacher, J., Cariou, A., & Sorbets, E. (2020). Blended learning compared to traditional learning in medical education: Systematic review and meta-analysis. Journal of Medical Internet Research, 22(8). https://doi.org/10.2196/16504

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

J. Kalatasik, S.Si, A., Erwinsyah, & Irwan. (2025). PD3I Efektivitas Komunikasi Pembelajaran pada Pelatihan Surveilans PD3I : Indonesia. Health Andragogi, 4(2), 1–12. Retrieved from https://jurnal.bbpkmakassar.or.id/index.php/AndragogiKesehatan/article/view/16